Berita Terkini

Berita Teknologi

Hiburan

Monday, November 2, 2009

START


Start adalah garis awal dimana kita memulai melakukan suatu kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. “Start” dalam bahasa berarti memulai. Mungkin apabila ada start pasti ada finish, dalam artian dimana kita memulai melakukan suatu kegiatan untuk mendapatkan sesuatu tujuan.

Dalam diskusi ini pertama-tama yang akan dijelaskan adalah apa itu Filsafat ? Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang berminat mengetahui kebenaran yang asli. Filsafat adalah ilmu yang mengkaji atau mencakup seluruh ilmu yang ada di dunia. Mengapa manusia berfilsafat dan kapan ia mulai berfisafat ?. pada umumnya seorang filsuf mulai berfilsafat karena adanya rasa kagum dan adanya rasa heran dalam pikiran itu sendiri. Dalam hal ini dialami oleh Plato (Filsuf Yunani) yang menyatakan : “Mata kita memberi pengamatan bintang-bintang, matahari dan langit. Pengamatan ini memberi dorongan kepada kita untuk menyelidiki. Dan dari penyelidikan ini berasal filsafat.” Kapan manusia berfilsafat ? Manusia berfilsafat saat ia berfikir mengapa aku ada dan tercipta ? dari situlah manusia mulai berfilsafat.

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, Manusia akan mencoba mencari dan terus mencari akan jawaban-jawaban dari pertanyaannya. Darisitulah Manusia akan mulai banyak berfilsafat dan mereka akan terus mencoba mngaitkan antara hal yang satu dengan yang lainnya.

Pada diskusi ini ada perdebatan tentang mana yang lebih dulu antara mencari dan menemukan. Seorang pemuda mengatakan bahwa kita akan menemukan sesuatu hal terlebih dahulu baru kita mencarinnya. Namun tanggapan saya tentang mencari dan menemukan adalah bagaimana seseorang menemukan sesuatu apabila ia tidak mencarinya, dalam kata lain kita akan mencari dulu sesuatu hal, baru kita akan menemukan sesuatu tentang hal tersebut. Contoh kasus adalah ketika kita mempertanyakan siapa diri kita dan bagaimana jati diri kita, kita akan mencari tahu tentang jawaban daru semua itu barulah kita mendapatkan jawabannya.

Persoalan filsafat, ada enam persoalan yang menjadi perhatian para filsuf tentang persolan-persoalan fisafat yaitu : ada, pengetahuan, metode, penyimpulan, moralitas, dan keindahan. Keenam persoalan tersebut memerlukan jawaban secara radikal, dan tiap-tiap persoalan menjadikan salah satu cabang filsafat.

Pengertian filsafat, istilah filsafat berasal dari bahas Yunani yaitu Philo (cinta) dan Sophios (bijaksana), yang maka dari itu disebut Philoshopy yang artinya pencari cinta kebijaksanaan. Adapun pengertian filsuf menurut para filsuf sebagai berikut :

1. Plato

Filsafat adalah pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli.

2. Aristoteles

Filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika dan lain-lain yang disebut dengan filsafat keindahan.

Tinjauan kefilsafatan tentang manusia, menurut tinjauan tersebut manusia adalah makhluk yang bertanya, dalam hal ini manusia sebagai makhluk yang bertanya dan mempertanyakan dirinya sendiri dan keberadaannya serta kosnous secara menyeluruh.

Manusia tidak akan pernah luput dari manusia lain.

Sebagai kodratnya, manusia adalah makhluk yg tidak pernah puas dan selalu ingin tahu. Manusia ingin selalu mendapatkan sesuatu yang lebih atau sempurna untuk kehidupannya. Dan oleh sebab itu manusia akan mencari sesuatu itu dengan memulainya.

Begitupun dengan filsafat, manusia mulai berfilsafat pada saat dia mempertanyakan apa tujuan hidupnya dan bagaimana dia melakukan sebuah usaha untuk meraih apa yang diinginkannya untuk mencapai tujuannya dengan menggunakan akal dan pikirannya.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More