Berita Terkini

Berita Teknologi

Hiburan

Saturday, November 28, 2009

Analisis "slumdog milionaire"

Nama : Angga Gartia Junjunan
NPM : 10080005304



 

Analisis

Film slumdog millionaire ini berbicara dari satu sisi yang sangat menarik, yang dimana berkaitan dengan "hok-khi" atau "nasib baik". Ada beberapa orang yg cenderung menomorsatukan LUCK ini di atas segala-galanya. Padahal pada satu sisi, bagi mereka LUCK ini misterius tidak dapat didiskripsikan, tidak tahu ciri atau karakteristiknya tapi menyatakan bahwa itu adalah yg paling utama dan terutama sekali yaitu nasib baik atau beruntung.

Film Slumdog Millionaire setidaknya menyibak fenomena di balik ungkapan NASIB ini, karena setiap adegan dibedah dengan jelas latar di balik itu semuanya. Sehingga kita tahu dari mana asal penjelasannya. juga sarat dgn pesan bahwa gak ada yg "kebetulan", ketika pertanyaan utk 10 juta Rupee, Jamal tidak tahu jawabannya. Ketika dia bisa lolos, umumnya akan disebut dengan nasib baik alias hok-khi Karena dia bisa dapat meskipun tidak tahu jawaban tepatnya.

Proses hidup & kehidupan Jamal sungguh memilukan, bukan cuma terlahir di daerah kumuh, ibundanya tewas saat huru-hara konflik agama, dia menjadi pengemis, pengamen, pencopet, penipu, dll. Sepanjang itu, dia sering ditipu, bahkan saudaranya sendiri mengkhianatinya dengan menodai cinta masa kanak-kanaknya. Mungkin latar belakang hidup dia muncul ingsting yang kuat bahwa pada saat host who to be a millionaire bertanya, dia yakin bahwa dia saat itu sedang dijebak oleh pertanyaan si host. Sehingga dia mencari jawaban yang berlawanan dengan apa yang disarankan oleh si host. Bahkan ada satu adegan di toilet dimana Jamal diberikan jawaban oleh si host, tetapi pada saat acara dimulai Jamal malah memberikan jawaban yang berlawanan.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan / hikmah bahwa Pengalaman adalah hal berharga dalam hidup kita. Jika kita menemukan sesuatu yang buruk pernah terjadi dalam hidupmu, jangan pernah kau sesalkan. Jadikan itu sebagai pembelajaran berharga. Dan kau bisa memulai hari dengan lebih baik.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More