Berita Terkini

Berita Teknologi

Hiburan

Monday, November 2, 2009

BAB I

BAB I

PENDAHULUAN



A. LATAR BELAKANG


Berdasarkan latar belakang sejarah, ilmu komunikasi telah mengalami perkembangan yang memerlukan waktu cukup panjang. Bermula dari suatu keterampilan tentang persuratkabaran (Zaitungskunde di Eropa, dan Jurnalistik di Amerika) kemudian berkembang dan berubah menjadi suatu disiplin ilmu yang bernama ilmu komunikasi.



Pengertian mengenai ilmu komunikasi, pada dasarnya mempunyai ciri yang sama dengan pengertian ilmu secara umum. Yang membedakan adalah objek kajiannya, di mana perhatian dan telaah difokuskan pada peristiwa-peristiwa komunikasi antar manusia. Mengenai hal itu Berger & Chafee (1987) menyatakan bahwa Ilmu komunikasi adalah suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang. Ilmu komunikasi dapat dibagi kedalam tiga bidang kajian,yaitu;

1. Jurnalistik

2. Manjemen Komunikasi

3. Public Relations


B. RUMUSAN MASALAH

Di sini Kita akan mecoba membahas dan mengkaji bidang ilmu komunikasi. Bidang kajian ilmu komunikasi di bagi menjadi tiga bagiaan; jurnalistik, manajemen komunikasi, dan piblic relations.

Selain dari pada itu, Kami akan mencoba membahas tentang Apa itu sebenarnya jurnalistik , definisi jurnalistikm, konteks jurnalistik, apa yang menjadi dasar jurnalistik bagian jurnalistik dan menjadi apakah seorang jurnalistik. Pengertian manajemen komunikasi, fungsi dan tujuan manajemen komunikasi. Public Relations pun akan membahas tentang pengertian, fungsi dan tujuannya dalam public.



C. TUJUAN

Dalam upaya memperoleh pemahaman mengenai bidang kajian Ilmu Komunikasi, selain itu untuk mengetahui sistem yang ada dalam bidang kajian komunikasi. Dengan hal tersebut kita semua akan dapat memahami tentang bidang pekerjaan yang sebenarnya akan kita pilih. Selain itu juga kita akan mendapatkan referensi dari pembahasan ini.

Dengan adanya pembagian yang sistematis dalam kajian ilmu komunikasi, kita dapat mendapatkan pngetahuan tentang jurnalistik, manajemen komunikasi dan public relations. Selain daripada itu juga kita semua dapat memilah dan memilih bidang kajian mana yang akan kita pilih untuk menetukan masa depan kita semua. Karena masa depan kita, kita yang menetukan. Jadi jangan sampai salah pilih ya.

Yang terakhir saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas tugas yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan. Karena Beliau saya mencari, meneliti dan memahami tentang bidang kajian komunikasi.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More