Berita Terkini

Berita Teknologi

Hiburan

Tuesday, September 21, 2010

Dunia Sophie




1. Taman Firdaus
Sesuatu berdasarkan dari ketiadaan adalah sesuatu yang tercipta dari sesuatu yang tidak ada. Contoh kasus adalah pemikiran sophie tentang angkasa.
Pembelajaran tentang mengapa aku ada ? Saya jadi lebih mengerti tentang arti dan tujuan hidup saya. Dan juga bagaimana saya bisa memikirkan tentang prospek kedepan dalam kehidupan.



2. Topi Pesulap

· Karena manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas dan makhluk yang selalu ingin tahu. Sehingga dibuuhkan mitos-mitos untuk menjelaskan sesuatu keseimbangan yang rawan antara kekuatan baik dan kekuatang yang jahat.

· Mitos adalah sesuatu yang ada sejak dulu yang tidak diketahui kebenarannya namun tetap dipercaya oleh manusia, sedangkan bukan mitos sesuatu yang benar adanya dsn terkadang tidak dipercaya oleh sebagian manusia.

· Mitos tentang thor dan palunya, sebagian orang percaya bahwa thor mengendarai sebuah kereta yang ditarik dua ekor kambing melintasi angkasa.

· Seorang putri raja yang bernama Ratu Nyi Roro Kidul yang bermukim dipantai selatan Laut Jawa, yang kegemarannya memakai kebaya berwarna ijau, sehingga orang-orang takut memakai pakaian berwarna hijau di pantai selatan.

· Manusia tidak dapat terlepas dari sebuah mitos, karena bagaimanapun manusia adlah bagian dari mitos tersebut.


3. Para Filosof Alam
Para filsafat dari Yunani, yaitu :

- Thales, yang berasal dari Miletus, sebuah koloni Yunani di asia kecil. Thales digelari demikian karena :

a. Dia pernah menghitung sebuah tinggi pyramid dengan mengukur bayangannya pada saat yang tepat.

b. Dia pernah meramalkan secara tepat terjadinya gerhana matahari pada 585 SM

c. Dan yang terakhir Thales beranggapan bahwa sumber dari segala sesuatu adalah air

- Anaximander, yang juga hidup di Mietus pada masa yang kira-kira sama dengan masa hidup Thales. Dia beranggapan bahwa dunia kita hanyalah salah stu dari banyak sekali dunia yang muncul dan sima didalam sesuatu yang disebutnya sebagai yang tak terbatas.

- Filosof yang ketiga adalah Anaximenes. Dia beranggapan bahwa sumber dari segala sesuatu pastilah “udara” dan “uap”. Ia menemukakan bahwa air berasal dari udara yang dipadatkan.

· Hal mengenai segala sumber sesuatu berasal dari alam (air, udara, dan tanah). Proyek yang sama dilakukan oleh ketiga filosof ala mini adalah senua percaya pada keberadaan zat dasar sebagai sumber dari segala hal. Karena iu mereka beranggapan bahwa tidak ada yang dapat muncul dari ketiadaan.

· Seorang ahli fiosof dari Yunani yaitu thales. Dia adalah seorang filsuf yang sangat cerdas. Bayangkan saja, thales dapat mengukur dengan tepat tinggi sebuah pyramid hanya dengan melihat bayangan matahari pada waktu tertentu (dimana ia mengukur saat bayangan tubuhnya berdiri sama0. thales berteori bahwa segala sesuatu bersumber dari air dan akan kembali kesumbernya.

· Yang bisa saya pelajari dari bab ini adalah bagaimana kita sebagai manusia dapat memanfaatkan keadaan alam disekitar kita dengan sebaik-baiknya, dan juga bagaimana kita memberikan opini dan pemikiran yang positif dari berbagai masalah atau nasehat.


4. Democritus
Yang dimaksud dengan mainan paling cerdik didunia adalah Lego, karena menurut Sophie, bentuk lego yang berbeda namun bila disusun dapat cocok. Dan apabila dipisahkan kemudian disusun, dapat menjadi bentuk yang berbeda.
Inti dari teori Atom Democritus adalah “tak dapat diptong”, dalam artian bagian-bagian pokok yang membentuk segala sesuatu tidak mungkin dibagi secara tak terhingga menjadi bagian yang terkecil lagi.
Teori Atom Democritus menandai berakhirnya filsafat alam Yunani untuk saat ini. Namun teori atom masih digunakan hingga saat ini, karena didunia ini tidak ada yang kekal abadi (atom) selain Tuhan Pencipta alam semesta.


5. Takdir
Takdir adalah suatu ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Tuhan pencipta alam Semesta dengan beberapa pertimbanganNya dantidak dapat dirubah keberadaanya. Sama sekali berbeda dengan nasib adalah ketentuan yang sudah ditentukan oleh Allah SWT, namun masih bisa dirubah selama kita masih mau berusaha.
Fatalisme adalah kepercayaan bahwa apapun yang terjadi telah ditentukan.
Gnoti Seuthon adalah kenali dirimu sendiri, yang artinya bahwa manusia tidak boleh mempercayai bahwa dirinya lebih dari sekedar makhluk hidup yang kelak akan mati.
Sejauh Saya melangkah, dari situlah saya mengenal diri saya. Saya baru mengenal diri saya sewaktu saya lulus SMA. Namun sampai saat ini saya masih mencari jati diri dan mengenal diri saya lebih dalam lagi.


6. Socrates
Socrates adalah seorang filosof yang lahir skitar 470-399 SM. Socrates tokoh paling penuh teka-teki dalam seluruh sejarah filsafat. Namun dia merupakan salah seorang filosof yang mempunya pengaruh paling besar didunia.
Karena sejalan dengan berjalannya waktu, orang-orang menganggapnya sangat menjengkelkan terutama orang-orang yang mempunyai kedudukan tinggi dalam masyarakat. “Athena itu seperti seekor kuda yang lembab”, demikian perkataannya yang sangat terkenal, “dan akulah pengganggu yang menyengatnya agar beringas.”
Pencerahan jiwa adalah suara batin Illahi, bahwa hati nurani ini mengatakan pada seseorang tentang kebenaran. Atau juga berfikir jernih dalam keadaan apapun. “orang yang mengetahui apa yang baik akan berbuat baik.” Pencerahan jiwa yang pernah saya alami adalah ketika saya berfikir bahwa selama ini saya telah banyak berbuat dosa, dan saya akan mencoba untuk menghapus dosa tersebut dengan bertauba nasuha dan berusaha untuk berubah menjadi lebih baik lagi.
Kaum Sophis adalah sekelompok guru dari koloni-koloni Yunani yang berkumpul di Athena. Cirri kaum Sophis adalah mereka berpikir kritis terhadap mitologi tradisional, seperti para Filosof alam.
Angnostik adalah………..
Ada. Karena di Indonesia masih ada daerah-daerah yang masih dianggap primitive, atau tidak sesuai dengan peradaban zaman yang ada. Contohnya adalah suku baduy, dalam tradisi suku ini mereka masih memegang teguh nilai-nilai luhur. Mereka masih percaya akan mitos-mitos dan kekuatan-kekuatan gaib atau mistik. Suku Baduy pun memiliki daerah kekuasan yang menurut mereka tidak dapat di jamah seenaknya oleh orang lain. Ada satu hal yang sangat menarik dari suku ini, mereka tidak terlalu mementingkan hal-hal yang berbau dunia. Yang artinya mereka berpikir kritis terhadap mitologi tradisional.
Karena pada hakikat dari seni Socrates terletak dalam fakta bahwa dia tidak ingin menggurui orang. Sebaliknya dia memberi kesan sebagai seseorang harus selalu belajar dari orang lain yang diajak berbicara.
Kesopanan dalam masyarakat timbul dari keadaan dan desakan dari masyarakat itu sendiri. Karena desakan-desakan itulah masyarakat akan mencoba beradaptasi dengan apa yang ada dalam masyarakat sekitarnya.
Banyak sekali kalimat-kalimat yang bermakna bagi saya. Namun ada satu kalimat yang sangat bermakna bagi saya “orang yang mengetahui apa yang baik akan berbuat buat baik.” Karena segala sesuatu yang dilakukan akan menjadi baik apabila niat dan tujuannya baik.


7. Athena
Pada bab ini Sophie mengalami kejadian yang sangat mengejutkan baginya, Sophie baru saja mendapatkan video rekaman dari guru filsafatnya, ia melihat tayangan dalam video tersebut, didalamnya berisikan tentang kejadian yang ada di Athena dan juga seorang filsuf yang berbicara kepadanya tentang bangkitnya kembali Athena. Sophie pun diberikan beberapa pertanyaan yang harus ia jawab. Sophie mengira bahwa dia telah melihat Socrates dan plato, namun itu semua tidak munkin, “ujarnya.”


8. Plato
Plato (428-347 SM) berusia duapuluhsembilan tahun ketika Socrates minum racun cemara. Dia telah menjadi murid Socrates selama beberapa waktu dan telah mengikuti pengadilannya dengan cermat plato juga seseorang filosof yang berpengaruh di Eropa. Proyek yang dilakukan plato adalah pemikiran tentang hubungan antara yang kekal dan abadi, dan plato pun percaya bahwa segala sesuatu yang nyata di ala mini “mengalir”. Maka tidak ad “zat” yang tidak hancur.
Yang membedakan teori plato dan Socrates adalah tentang kekal dan abadi. Menurt Socrates segala sesuatu yang dipikirkan akal sehat akan sampai ke tahap yang abadi, karena akal manusia sesungguhnya kekal dan abadi, sedangkan menurut plato sesuatu yang kekal abadi bukanlah :bahan dasr” benda-benda fisik.
Yang diceritakan Plato dalam mitos Gua adalah jalan ditempuh filosof untuk keluar dari baying-baang menuju gagasan sejati dibalik semua fenomena alam. Dia mungkin juga terkenang akan Socrates yang dibunuh oleh “para penghuni gua” sebab dia menggoyahkan gagasan konvesional mereka dan berusah untuk menerang jalan menuju wawasan sejati. Mitos gua. Menggambarkan keberanian Socrates dan rasa tanggung jawabnya untuk mendidik sesama. Yang dimaksudkan plato tentang rekaan adalah bahwa hubungan antara bentuk-bentuk didunia alamiah dan dunia ide. Bukan berarti dunia alamiah itu memang gelap dan suram jika dibandingkan dengan dunia ide yang terang.
Setuju, karena sebagaimana kita tahu bahwa Negara memang harus memiliki pemimpin, pembantu, dan pekerja. Konsep Negara ideal menurut Plato masih bisa diterapkan dalam zaman sekarang, karena para peimpin, Mengatur Negara harus berdasarkan akal mereka dan dalam Negara ideal plato sangat mementingkan pendidikan.
Pertama-tama dari pertanyaan Apakah pria dan wanita sama-sama bijaksana? Socrates pernah menyatakan bahwa setiap orangdapat memahami kebenaran filosofis jika mereka menggunakan akal sehat. Dia juga berkata bahwa seorang budak mempunyai akal sehat yang sama sebagaimana seorang pria terhormat, sama juga wanita. Yang bisa saya maknai adalah bahwa sebenarnya manusia (baik laki-laki ataupun perempuan) adalah sama. Walaupun ada perbedaan Genre didalamnya.


9. Gubuk sang Mayor
Lima pertanyaan yang dilontarkan kepada sophie.

- Lebih dulu mana antara ayam dan ayam “ide” ? menurut saya ayam “ide” yang lebih dulu, karena segala sesuatu butuh teori baru praktek. Maksudnya adalah ayam akan tercipta bila ada ide dulu tentang bagaimana ayam itu tercipta. Mungkin sama seperti pertanyaan “mana yang lebih dulu antara mencari dan menemukan” ?

- Apakah kita dilahirkan dengan “ide” bawaan ? Menurut pendapat saya ya. Karena pada sejak pertama kali manusia di lahirkan mereka sudah ditanamkan dalam otak mereka sebuah chip yang di akan mulai di akses pada saat pertama kali ditiupkannya ruh ke dalam jiwa manusia.

- Apakah pebedaan antara tanaman, binatang manusia ? Menurut saya jelas sangatlah berbeda walaupun semuannya adalah makhluk hidup. Karena sesungguhnya segala sesuatu itu diciptakan olehNya sama, namun dengan kapasitas dan fungsi yang berbeda-beda. Tanamam adalah makhluk yang tak dapat bergerak ataupun memiliki naluri. Tanaman hidup hanya untuk sekedar mempertahankan hidup saja. Lain dengan Binatang, binatang adalah makhluk yang dapat bergerak dan mepertahankan hidupnya dengan berbagai cara. Dan yang paling membedakan dengan tanaman adalah binatang memiliki naluri atau insting. Manusia, manusia adalah makhlluk yang diciptakan paling sempurna diantara yang lain. Manusia diberikan kelebihan berupa akal dan pikiran, manusia juga memiliki insting seperti yang ada pada hewan. Manusia diberikan hasrat dan keinginan yang tidak dimiliki oleh tanaman dan binatang.

- Mengapa hujan turun ? Menurut saya hujan turun karena adanya proses penguapan air laut yang dilakukan oleh awan karena adanya sinar matahari, dan pada saatnya awan sudah tidak sanggup lagi menampung air, maka akan mengakibatkan turunnya air dari awan kembali ke bawah.

- Apa yang dibutuhksn untuk menjalani kehidupan yang baik ? Menurut saya yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang baik adalah dengan memiliki konsep hidup. Karena segala sesuatu harus memiliki konsep dan tujuan, begitupun dengan hidup. Untuk menjalani kehidupan yang baik maka kita pun harus memiliki konsep dan tujuan yang baik. Seperti yang dikatakan oleh para filosof alam, “orang yang mengetahui perbuatan baik akan berbuat baik.” Itu semua hanya teori yang belum tantu pada prosesnya akan sama. Namun kita wajib untuk berusaha dan berdoa agar semua yang kita rencanakan dengan konsep yang begitu matang dan tujuan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Ada satu hal yang mungkin bisa kita pelajari dari sini, kita tidak harus melihat segala sesuatu dari hasilnya, namun kita dapat melihat prosesnya.


10. Aristoteles
Aristoteles (384-322 SM) yang menjadi murid plato selama ± 20 tahun. Dia dilahirkan di Macedonia dan dating ke Akademi Plato ketika usia 61 tahun. Dia adalah filosof Yunani besar yang terakhir.
Aristoteles disebut sebagai organisator karena Aristoteles menulis tentang semua bidang ilmu dan juga ia adalaha yang mendirikan ilmu logika. Ambisi Aristoteles adalah menciptakan terminology yang masih dipakai ilmuan masa kini, dia ingin mendirikan dan mengklasifikasikan berbagai ilmu. Dengan “ide” dan “gagasan” aristoteles tentang benda-benda yang ada dalam jiwa manusia semata-mata cerminan dari objek-objek alam. Maka alam adalah dunia nyata.
Yang telah diwariskan oleh Aristoteles adalah perbedaan anatara “bentuk” dan “subtansi” memainkan peranan penting dalam memandang benda-benda dunia. Dengan demikian kita dapat mengelompokkan sesuatu.
“subtansi” adalah bahan untuk embuat benda-benda, sedangkan “bentuk” adalah ciri khas masing-masing benda. Contohnya adalah nasi yang sehari-hari kita konsumsi. Nasi adalah “bentuk” dari sebuah “subtansi” yaitu padi, dan masih banyak lagi contoh lainnya.
3 bentuk kebahagiaan menurut Aristoteles adalah :

- Kebahagiaan adalah hidup senang dan nikmat

- Menjadi warga Negara yang bebas dan bertanggung jawab

- Menjadi seorang ahli piker dan filosof.

· Maksud dari etika “jalan tengah” menurut Aristoteles adalah tentang hubungan antara manusia dimana kita tidak boleh hidup berlebih ataupun kekurangan, dalam artian dengan menjaga keseimbangan dan kesederhanaan maka akan mencapai kebahagiaan.

· Aristoteles keliru akan pandangannya tentang wanita, dia mengatakan bahwa wanita adalah pria yang belum lengkap dimana wanita masih satu tingkat dibawah Pria. Aristoteles juga beranggapan bahwa wanita adalah ladang, sedangkan pria adalah yang menanam (dalam reproduksi). Kekeliruan wanita masih terjadi saat ini. Contohnya adalah perbedaan genre yang masih dipermasalahkan di masyarakat, seorang pria yang menganggap wanita hanyalah sebagai alat pemuas, dan wanita hanya bisa digunakan dalam dapur, sumur dan kasur.


11. Helenisme
Bab ini diberi judul “sepercik cahaya Api” karena menandai awal zaman baru dalam sejarah umat manusia. Suatu peradaban muncul dengan kebudayaan Yunani dari bahasa Yunani memainkan peran utama. Periode ini disebut Helenisme.

- Kaum Sinis

Kaum ini didirikan oleh Antisthenes di Athena sekitar 400 SM. Anthistenes pernah menjadi murid Socrates, dan sangat tertarik pada kesederhanaannya. Kaum sinis menekankan bahwa kebahagiaan sejati tidak terdapat dalam kelebihan lahirlah, kebahagiaan sejati terletak pada ketidaktergantungan pada segala sesuatu yang acak dan mengambang. Moto aliran filosof sinis adalah :Betapa banyak benda yang tidak kuperlukan.”

- Kaum Stoik

Kaum sinis ikut membantu perkembangan Aliran filsafat Stoik, yang muncul di Athena sekitar 300 SM. Pendirinya adalah Zeno. Nama stoic berasal dari bahasa Yunani yang berarti serambi. Konsep stoic adalah :humanisme” yang artinya suatu pandangan hidup yang menempatkan individu sebagai focus utamanya. Sloan humanisme adalah “bagi umat manusia, manusia itu suci.”. Kaum stoic percaya bahwa setiap orang adalah bagian dari satu akal atau “logos” yang sama. Ini mendorong pada pemikiran bahwa ada suatu kebenaran universal, yang dinamakan hokum alam. Mereka menyangkal adanya pertentangan antara “ruh” dan “materi”. Mereka menegaskan hanya ada satu alam, dan mereka pun menekankan bahwa semua proses alam mengikuti hukum alam yang tak pernah lekang. Karena itu manusia harus belajar menerima takdir.

- Kaum Apicurean

Sekitar 300 SM. Epicurus (341-270) mendirikan suatu aliran filsafat di Athena. Para pengikutnya dinamakan kaum Epicurean. Kono kaum Epicurean hidup di taman, karena itu mereka dikenal sebagai “para filosof taman”. Epicurus percaya bahwa yang menyenangkan dalam jangka pendek harus ditahan demi kemungkinan timnulnya kenikmatan yang lebih besar, lebih kekal dan lebih dalam jangka waktu panjang. Motto mereka adalah “Hidup untuk saat ini”
Pengalaman mistik adalah pengalaman menyatu dengan Tuhan atau “jiwa kosmik”. Seorang ahli mistik India pernah mengungkapkan :”Jiak aku pun tiada”. Ahli mistik Kristen Angelus Silesius (1624-1677) mengemukakan dengan cara lain : setiap tetes air menjadi lautan jika ia mengalir menuju samudra, sebagaimana akhirnya jiwa itu naik dan menjadi Tuhan.
Muhammad SAW adalah tokoh mistik islam. Mistisisme yang dilakukan oleh beliau adalah Nuzurul Quran, dimana ayat suci Al-Quran diturunkan melalui wahyu yang diberikan oleh Allah SWT. Mukjizat yang diberikan kepada beliau merupakan mukjizat yang paling luar biasa dan juga merupakan salah satu Qulafa’ur Rasyidin. Setelah itu beliau menyebarkan kitab suci Al-Qur’an diseluruh penjuru dunia, demi terciptanya kehidupan yang mulia.


12. Kartu pos
Misteri pada bab ini adalah saat sophie dan Joanna pergi menuju Puncak Belibis yang letaknya dekat dengan gubuk sang mayor. Disana Sophie membaca surat-surat yang dikirim untuk Hilde Moller Knag, dan ternyata ada surat terakhir yang didalamnya berisikan, “Suatu hari nanti kamu akan bertemu seorang gadis bernama Sophie.” Ayah Hilde menulis tentang Lebanon yang dihancurkan perang, dan Sophie sadar betapa beruntugnya dia dilahirkan di Negara yang damai. Setelah Sophie membaca semua surat tersebut, Sophie melihat berita TV yang menampilkan laporan khusus tentang bagaimana batalyon PBB Norwegia merayakan hari libur nasional di Lebanon.


13. Dua kebudayaan
Dalam bab ini diceritakan bahwa peradaban di Eropa berakar pada dua kebudayaan, yaitu :

- Kebudayaan Semit

Kebudayaan Semit adalah kebudayaan yang dipakai oleh bangsa semit yang berasal dari Jazirah Arab. Bangsa Semit memiliki pandangan linier tentang hidup.

Kebudayaan Semit terjadi ketika ketiga agama barat itu “Yahudi, Kristen dan Islam “ sama-sama berlatar belakang semit. Kitab suci Al-Qur’an dan kitab suci agama Kristen perjanjian lama dituliskan dalam bahasa semit.

- Kebudayaan Indo-Eropa

Kebudayaan ini adalah kebudayaan bangsa Indo-Eropa yang percaya pada banyak dewa yang berbeda. Bangsa Indo-Eropa manyatakan bahwa indra yang paling penting bagi mereka adalah penglihatan. Berbeda dengan bangsa semit yang menyatakan bahwa pentingnya pendengaran dalam kebudayaan. Bangsa Indo-Eropa selalu membuat gambar atau patung dewa-dewa mereka, sangat bertolak belakang dengan bangsa semit yang tidak memperbolehkan hal tersebut.

· Pentingnya kita mengetahui tentang peradaban Kristen adalah kita mendapatkan sebuah ilmu dan kita harus pandai-pandai menyikapi hal tersebut, tidak langsung kita cerna begitu saja. Kita dapat menyimpulkan dan merumuskan semua hal positif yang dapat kita ambil hikmahnya, dan mungkin bisa menjadi pembelajaran dalam kehidupan kita.

· Karena sebenarnya tidak ada hal yang tidak penting di dunia ini, termasuk sejarah tersebut. Dengan sejarah tersebut kita dapat mengetahui cerita tentang “Tuhan” bagi umat kristiani yang juga menjadi nabi bagi kita. Kita juga dapat memahami bahwa tidak ada pemikiran sama manusia tentang suatu hal. Manusia tercipta berbeda dengan beberapa kelemahan dan kelebihannya masing-masing.


14. Abad pertengahan

· “Abad Pertengahan dimulai pada jam empat.” Ya, sekitar jam empat. Tapi sebenarnya waktu tidak bergerak. Dan kemudian, sekitar jam empatbelas, atau jam dua siang, seekor ayam jantan berkokok dan Abad Pertengahan yang tak berkesudahan itu mulai surut. Maksudnya adalah dimana awal kebangkitan umat kristiani diawali dengan kelahirannya yesus pada tengah malam di abad pertengahan. Sejak tahun 380 agama Kristen menjadi agama resmi diseluruh kekaisaran romawi. Oleh sebab itu abad pertengahan dimulai pada jam empat.

· Abad pertengahan adalah periode antara dua zaman yang berbeda. Ungkapan itu timbul pada masa Renaisans. Zaman kegelapan, sebutan yang lain, dianggap sebagai satu malam sepanjang seribu tahun yang tak berkesudahan yang telah mengukung.

· Ciri khas abad pertengahan adalah ada banyak ikan cemerlang yang berenang diseputar kedalaman itu. Snorri hidup di abad pertenghan. Begitu pula Saint Olaf dan Charlemagne, belum lagi Romeo dan Juliet, Joan of Arc, luanhoe, dan sebagainya. Karena itulah abad pertengahan merupakan kekuatan pemersatu kebudayaan Kristen.

· “Kita akan mengetahui bagaimana dua filosof paling menonjol di abad pertengahan.” Kita akan memulai dengan St.Agustin yang hidup dari 354 hingga 430. Agustin dilahirkan dikota kecil Tagaste di Afrika Utara. Pada usia enambelas tahun dia pergi ke Carthago untuk belajar. St.Agustin memiliki gagasan tentang Tuhan yang menciptakan dunia dari ketiadaan, dan itulah gagasan dari bible. Yang menarik dari St.Agustin adalah ia filosof pertama yang kita kethui telah menarik sejarah kedalam filsafatnya. “Filosof terbesar dan paling penting dari periode ini adalah Thomas Aquinas, yang hidup dari tahun 1225 hingga 1274. dia berasal dari kota kecil Aquina, antara Roma dan Napoli, tapi juga bekerja sebagai guru di universitas Paris. Dia lebih tepat dinamakan ahli teologi disbanding seorang filosof.” Aquinas adalah salah satu diantara orang-orang yang berusaha membuat filsafat aristoteles sesuai dengan agama Kristen. Pemikiran Aquinas adalah tentang kepercayaannya pada “Kebenaran teologis alamiah.” Dengan itu yang dimaksudkannya adalah kebenaran-kebenaran yang dapat dicapai melalui iman dan melalui akal bawaan kita, misalnya, kebenaran bahwa Tuhan itu ada. Aquinos yakin bahwa ada jalan menuju Tuhan.


15. Renaisans
Karena dan ilmu pemgetahuan kini dapat berhubungan dengan secara lebih bebas satu sama lain, terbukalah pada metode-metode ilmiah baru dan semangat keagamaan yang baru pula. Maka terciptalah landasan bagi dua kehebohan besar pada abad kelimabelas dan keenam belas, yaitu renaisans dan reformasi. Renaisans menimbulkan pandangan baru tentang manusia. Salah satu tokoh utama dari zaman renasans adalah Marsilo Ficino, yang brseru; “kenalilah dirimu sendiri, wahai keturunan ilahi dalam smaran sebagai manusia.
Tiga prasyarat penting priode renaisans adalah:

- Tahap pertama adalah metode ilmiah baru. Ini memungkinkan terjadinya revolusi teknis itu sendiri, dan terobosan teknis membuka jalan menuju berbagai penemuan sejak itu. Dapat dikatakan bahwa manusia telah mulai melepaskan diri dari kondisi alamiahnya.

- Tahap kedua adalah Hukum Kelembaman. Galileo merumuskan bahwa sebuah benda akan tetap pada keadaannya, diam atau bergerak, selama tidak ada kekuatan dari luar yang memaksanya untuk berubah. Tapi ini adalah pengamatan yang sangat penting.

- Tahap ketiga adalah Hukum Gravitasi Universal. Newton merumuskan bahwa bsetiap objek menarik semua objek lainnya dengan kekuatan yang semakin meningkat sebanding dengan ukuran objek itu dan menurun sebanding dengan objek-objek itu.

· Panteisme adalah suatu keyakinan tentang Tuhan pada periode ini. Dimana mereka meyakini bahwa Kristen adalah sebuah agama yang sempurna dengan pedoman kitab suci bagi umat mereka.

· Yang mendasari kelahiran metode empiris adalah bahwa setiap penyelidikan terhadap fenomena alam harus didasarkan pada pengamatan, pengalaman, dan percobaan. Hal ini ditandai pada penemuan baru, dimana banyak ahli matematuka yang melakukan percobaan dan pengamatan tentang bumi. Contohnya adalah Galileo Galilei, Newton, Kepler, Copernicus dan masih banyak lagi.


16. Jaman Barok

· Barok adalah periode yang terjadi pada abad ketujuh belas. Kata barok berasal dari kata-kata yang mula-mula digunakan untuk menggambarkan sebutir mutiara dengan bentuk tidak beraturan. Ketidakberaturan adalah ciri khas seni barok, yang jauh lebih kaya dalam bentuk-bentuk yang sangat kontrastif daripada seni renaisans yang lebih sederhana dan harmonik. Dalam berbagai pengertian, periode barok ditandai dengan kepalsuan atau sikap yang dibuat-buat. Pada zaman barok banyak lahir beberapa anggapan bahwa “Hidup itu panggung sandiwara” karena itu teater menjadi cerminan kehidupan manusia pada umumnya.

· Shakespeare adalah tokoh yang hidup pada periode barok, walaupun ia pun hidup pada zaman reinasans. Karya Shakespeare penuh dengan kalimat mengenai kehidupan sebagai panggung sandiwara. Shakespeare juga mengatakan, misalnya: kita ini seperti mimpi, dan hidup kita yang singkat dijalani dalam keadaan tidur. Selain Shakespeare, di Norwegia ada seprang penyair benama Petter Dass. Dan mungkin yang paling berpengaruh adalah filosof Inggris Thomas Hobbers. Dia percaya bahwa semua fenomena, termasuk manusia dan binatang, terdiri semata-mata atas partikel-partikel materi.

· Kekhasan pemikiran dalam periode ini adalah pergulatan sengit antara cara-cara berpikir sama sekali bertentanagan. Mereka percaya bahwa apa yang ada itu pada dasarnya bersifat spiritual. Sudut pandang ini dinamakan idealisme. Sudut pandang kebalikannya dinamakan matrealisme. Dengan ini yang dimaksud adalah filsafat yang menganggap bahwa semua hal yang nyata itu berasal dari substansi materi yang konkret. Memang luar biasa bahwa Hobbes dan Newton tidak melihat adanya pertentangan antara ganbaran pada dunia mekanistik dan kepercayaan kepada Tuhan.

· Mimpi dan panggung sandiwara yang dimaksud adalah bagaimana kehidupan manusia digambarkan seperti itu. Maksudnya panggung sandiwara adalah kehidupan manusia itu seperti sedang menjalani peran dalam sebuah teater, baik pria ataupun wanita. Dalam peran-peran tersebutlah manusia akan menjalani kehidupan mereka, contohnya orang yang jahat maka mereka pun akan mati dengan kejahatan mereka, orang yang berperan baik maka mereka akan mengakhiri cerita tersebut dengan baik. Sedangkan hidup kita seperti mimpi, dan kita menjalaninya dalam tidur adalah saat kita dihadapkan dengam pilihan bahwa hidup yang kita jalani adalah sebuah pilihan yang harus kita pilih. Kita tidak akan pernah tau apakah mimpi kita pada saat tertidur akan selalu indah, begitupun dengan kehidupan. Kita tidak akan pernah tau apa yang ada dalam hari esok dan tantangan-tantangan seperti apa yang akan menghadang.


17. Descartes

· Rene Descartes adalah filosof asal yunani, ia dilahirkan pada 1596 dan tinggal di sejumlah negeri di Eropa pada beberapa periode kehidupannya. Dia mempunyai pengaruh yang sangat besar pada filsafat, bahkan setelah kematiannya. Kita dapat mengatakan bahwa Descartes adalah bapak filsafat modern. Pembangun-sistem pertama yang paling berpengaruh adalah Descartes. Yang dimaksud adalah filsafat yang disusun dari dasar dan yang berusaha untuk menemukan penjelasan bagi pertanyaan-pertanyaan penting mengenai filosofi. Baru setelah abad ketujuh belas para filosofi berusaha untuk memasukan gagasan-gagasan baru ke dalam system filsafat yang jernih, dan yang pertama mengusahakannya adalah Descartes.

· Dalam karyanya Diskursus tentang Metode (Doscourse on Method), Descartes mengajukan pertanyaan tentang metode yang harus digunakan filosof untuk memecahkan suatu masalah filosofis. Ilmu pengetahuan telah menemukan metode baru. Descartes menyatakan bahwa kita dapat menerima apapun sebagai sesuatu yang benar kecuali jika kita dapat dengan jelas dan tegas memahaminya. Ungkapan Descartes yang paling berpengaruh adalah “cogito, ergo sum.” Yang berartikan “Aku berpikir karena itu aku ada.” Gagasan mengenai wujud yang sempurna tidak mungkin berasal dari orang yang sendirinya tidak sempurna, katanya. Menurut Descartes pernyataan bahwa Tuhan itu ada menjadi jelas dengan sendirinya, sebagaimana seorang makhluk yang berpikir itu pasti ada. “tapi bukan karena aku mempunyai gagasan tentang seekor buaya berkepala gajah tidal lantas berarti bahwa binatang tersebut ada.” Maka kini Descartes telah mengetahui bahwa dia seorang yang berpikir, Tuhan itu ada, dan realitas luar itu ada.

· Descartes menyatakan bahwa ada dua bentuk realitas yang berbeda atau dua ‘subtansi.’ Subtansi yang satu adalah gagasan atau ‘pikiran,’ dan yang satunya adalah materi. Dia menerapkan pembagian tegas antara realitas pikiran dan realitas meluas. Misalnya, hanya manusia yang mempunyai pikiran. Binatang sepenuhnya termasuk realitas perluasan. Kehidupan dan gerakan mereka dilakukan dengan mekanis. Oleh sebab itu Descartes disebut sebagai dualis.


18. Spinoza

· Mereka membicarakan tantang perdebatan-perdebatan tentang pengetahuan filsafat mereka tentang Tuhan. Disini dikatakan bahwa Spinoza adalah filosof yang tidak mudah dipahami. Spinoza menyangkal pemisahan subtansi yang dikatakan oleh Descartes, Spinoza percaya bahwa hanya ada satu subtansi. Segala sesuatu yang ada dapat dikecilkan menjadi satu realitas yang disebutnya subtansi. Menurut Spinoza, kita manusia ini mengenal dua sifat atau perwujudan Tuhan. Dengan perbedaan-perbedaan pemikiran antara filosof yang satu dengan yang lainnya, sulit bagi kita untuk mengetahui tentang kebenaran yang sempurna. Namun kita tahu bahwa tidak ada manusia yang sempurna, manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, oleh sebab itu pula pemikiran mereka tidak ada yang sempurna. Bayangkan bila semua manusia diciptakan sempurna, mumgkin tidak ada hubungan saling membutuhkan dan melengkapi antara yang satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, para filsafat sebenarnya saling membutuhkan dan melengkapi antara yang satu dengan yang lainnya tanpa mereka sadari. Contohnya adalah aristoteles yang selalu mnyangkutpautkan pemikirannya dengan pemikiran plato, disini dapat dilihat bahwa pemikiran mereka saling melengkapi. Begitu pun dengan Spinoza dan Descartes. Yang sangat berkesan bagi saya adalah tentang Keesaan Tuhan yang menciptakan berbagai manusia dengan ragam yang berbeda dan dalam perbedaan tersebut ada satu kesamaan. Hal ini ditekankan pada saat Spinoza yang membantah tentang pemikiran Descartes, namun pada pemikiran Spinoza yang lain dia setuju dengan pendapat Descartes. Ini meyakinkan Saya bahwa manusia memang diciptakan berbeda, namun mereka pasti akan selalu membutuhkan dan akan saling melengkapi.





DAFTAR PUSTAKA







Jostein Gaarder, Sofies Verden

Norwegia



Jostein Gaarder, Dunia Sophie

PT Mizan, 1996

Indonesia





Novel ini telah diterjemahkan kedalam lima puluh tiga bahasa di Dunia

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More